Ada banyak alasan yang sepenuhnya normal untuk kerontokan rambut—bahkan, itu adalah bagian dari siklus rambut yang membuat rambut rontok. Tetapi ketika Anda mulai melihat banyak helai rambut yang menyumbat kamar mandi Anda atau keluar saat Anda menyikat rambut, itu bisa mengkhawatirkan. Ini bukan akhir dunia, kami berjanji. Kehilangan sekitar 100 helai rambut sehari adalah hal yang normal, dan baru setelah Anda mulai memperhatikan lebih banyak rambut di kamar mandi—atau rambut Anda mudah rontok hanya dengan tekanan lembut—Anda harus benar-benar memperhatikan dan mencari cara untuk menghentikan kerontokan rambut. keluar.

Trichologist Dominic Burg, kepala ilmuwan di volis Professional, menjelaskan bahwa rambut melewati periode pertumbuhan yang berlangsung sekitar lima sampai tujuh tahun, kemudian dingin untuk sementara, dan kemudian rontok. Jelas, tidak setiap helai rambut memiliki siklus yang sama (jika tidak, kita semua akan botak setiap beberapa tahun).

Apa Penyebab Rambut Rontok?

Disini bisa menjadi beberapa penyebab; genetika adalah alasan utama bagi pria dan banyak wanita. Tetapi banyak wanita umumnya mengalami kerontokan rambut, karena stres dan kekurangan nutrisi (seperti vitamin B, D, dan seng) Alasan umum lainnya untuk rambut rontok berlebih adalah perubahan hormonal, terutama pada wanita. Ini dapat terjadi dengan kehamilan, persalinan, perubahan pil kontrasepsi, atau selama menopause. Perubahan hormon dapat mempengaruhi cara rambut tumbuh dengan memperpendek bagian pertumbuhan dari siklus rambut, yang menyebabkan peningkatan kerontokan.

Anda harus khawatir jika Anda melihat salah satu dari gejala berikut:

  • Anda tampaknya meninggalkan jejak rambut di mobil, bantal, atau hanya karena jari-jari Anda menyisir rambut Anda.
  • Anda melihat lebih banyak rambut di saluran pembuangan saat keramas.
  • Anda melihat penurunan mendadak dalam kepadatan atau ketebalan kuncir kuda atau rambut Anda selama periode 3–6 bulan.

Fenomena semacam ini disebut sebagai telogen effluvium, yang berarti bahwa sekelompok rambut telah berhenti tumbuh pada saat yang sama dan kemudian rontok bersama. Juga, rambut dan kuku Anda membutuhkan banyak energi untuk tumbuh—tetapi tidak prioritas utama bagi tubuh Anda, itulah sebabnya Anda mungkin mengalami kerontokan selama masa stres fisik dan emosional.

Makan Diet Seimbang

Makan diet seimbang dengan banyak sayuran, daging tanpa lemak, dan makanan laut—semuanya mengandung nutrisi penting untuk rambut.

Carilah makanan yang mengandung vitamin dan lemak sehat, seperti telur atau alpukat.

Berikut adalah beberapa favorit kami yang lain:

  • Bayam kaya akan zat besi, yang membantu membawa sel darah merah ke kulit kepala untuk mendorong pertumbuhan rambut baru.
  • Makanan yang kaya vitamin C, seperti jeruk, tomat, dan paprika, membantu memproduksi kolagen, yang menjaga folikel rambut tetap sehat.
  • Biji-bijian seperti rami atau chia penuh dengan asam lemak omega-3, yang membantu menjaga rambut tetap sehat dan kuat sekaligus mendorong pertumbuhan baru

Hindari Gaya Rambut Ketat

Sayangnya, jika Anda mengalami kerontokan, kuncir kuda yang ketat jelas tidak membantu. Hindari gaya rambut ketat dan perawatan kimia yang keras atau panas di dekat kulit kepala. Memiliki kerusakan di dekat garis rambut Anda atau di mana Anda mengamankan rambut Anda kembali? Cobalah mengenakan gaya yang lebih longgar. Longgarkan kepang Anda, jangan tarik rambut Anda menjadi super ketat, dan cobalah untuk mengubah gaya rambut Anda jika Anda bisa. Gaya bergantian tidak hanya memberi Anda tampilan baru, tetapi juga memberi waktu pada rambut Anda untuk pulih.

Tidur yang cukup

Dapatkan setidaknya tujuh hingga delapan jam tidur, karena tubuh dan pikiran membutuhkan jumlah itu untuk beregenerasi. Hormon yang membantu mengatur siklus tidur Anda, melatonin, juga telah terbukti meningkatkan pertumbuhan rambut (baik ketika dioleskan dan ketika Anda cukup alami dari tidur)

Memilih shampo yang cocok

memlih produk shampo yang bagus untuk mengatasi rambut rombot, gunakan shampo anti rontok yang khusus unutk mengatasi rambut yang rontok. pemilihan shampo rambut juga berpengaruh dalam rontok tidaknya rambut anda. Jadi pastikan, shampo apa yang cocok untuk jenis kulit kepala anda